BGR LOGISTICS GELAR VIRTUAL TALKSHOW DAN COMMERCIAL LAUNCHING WARUNG PANGAN SURABAYA

 

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics gelar talkshow warung pangan sekaligus sebagai commercial launching warung pangan di Surabaya. Acara tersebut diselenggarakan secara virtual melalui aplikasi zoom dan disiarkan secara langsung di youtube channel BGR Logistics.

 

Talkshow dan Commercial Launching ini menghadirkan key person Bapak Eddy Satria (Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi & UKM), Dr. Mas Purnomo Hadi, M.M (Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur) dan M. Kuncoro Wibowo (Direktur Utama BGR Logistics). Turut hadir dalam acara tersebut Jajaran Direksi BGR Logistics dan BUMN Klaster Pangan, Perwakilan Bisnis Partner Warung Pangan serta para Kepala Dinas Koperasi & UKM Kabupaten & Kota di Jawa Timur.

 

Dalam kesempatan tersebut, Eddy Satriya menyampaikan efek dari pandemi covid19 membuat masyarakat tidak bisa beraktifitas seperti biasanya dan membuat sektor UMKM juga terdampak cukup berat. Berbeda dengan krisis yang terjadi pada tahun 1998 dan 2008 dimana UMKM masih dapat cepat recovey economy ke level 4 - 5% pada saat itu. Begitu pula berbeda dengan krisis finansial di tahun 2008, kita masih bisa sebagai penyanggah perekonomian.

 

Nah sekarang tidak mudah bagi UMKM di Indonesia, namun Pemerintah segera merelokasi anggaran dan mencanangkan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dimana fokus alokasinya untuk UMKM sekarang mulai terlihat efeknya UMKM yang mulai terbantu dengan program-program yang dicanangkan Pemerintah.

 

Kementerian Koperasi & UKM fokus beberapa transformasi, diantaranya transformasi informal, transformasi digital, transformasi rantai pasok serta koperasi modern yang selaras dengan program warung pangan sebagai program yang dapat dijalankan ke depannya. Kami sangat senang dengan inisiatif BGR Logistics dengan Warung Pangan ini untuk memangkas rantai pasok yang panjang dan memulihkan UMKM di Indonesia, akhir statement Eddy Satriya.

 

Dr. Mas Purnomo Hadi, M.M menyampaikan bahwa secara kuantitas UMKM di Jawa Timur berjumlah sekitar 9,78 Juta yang didominasi oleh usaha mikro dan sisanya merupakan usaha kecil hingga menengah besar. Selain itu, diimbangi koperasi berjumlah 22.450 unit koperasi dengan 40% bergerak di sektor riil yang terdampak baik secara langsung maupun tidak langsung.

 

Di Sektor Koperasi masih terdapat penambahan tenaga kerja, peningkatan omset, peningkatan asset karena sebagian besar melakukan kegiatan disektor keuangan. UMKM di Jawa Timur memang terdampak pada produksi, permodalan dan pasar, namun dengan program-program Pemerintah yang terus mendukung mereka, UMKM dapat segera terbantu.

 

Dengan sinergi program Warung Pangan untuk bangkitkan UMKM di  Jawa Timur yang sejalan dengan tagline dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur yaitu Jawa Timur Bangkit akan sangat bagus untuk bersama-sama membukakan pasar untuk UMKM di Jawa Timur.

 

Saya berharap Warung Pangan ini sangat mendukung produsen UMKM dalam ketersediaan pasar bagi mereka. Harapan kedepannya bersama-sama dengan Kementerian Koperasi & UKM serta BGR Logistics dengan Warung Pangannya dapat menggeliatkan kemballi UMKM di Jawa Timur.

 

M. Kuncoro Wibowo menjelaskan bahwa aplikasi “Warung Pangan” didevelop oleh BGR Logistics dan resmi dirilis pada bulan Agustus 2020 atas inisiasi dari Kementerian Koperasi & UKM bersinergi dengan Kementerian BUMN, tujuannya adalah untuk mendukung program #belanjadiwarungtetangga, UMKM go digital dan berbelanja aman di tengah pandemic covid19, serta untuk membantu para petani, peternak, nelayan yang selama ini kesulitan untuk memasarkan produknya.

 

setelah Warung Pangan sukses dengan 8.000 Warung yang terdaftar sebagai mitra “Warung Pangan” di Jabodetabek dan Bandung sejak dilaunching pada Agustus 2020, kini Warung Pangan besutan BGR Logistics resmi hadir dan siap membantu Warung UMKM di Surabaya agar bisa berbelanja stok bahan pangan warungnya dengan mudah.

 

Seluruh transaksi di Warung Pangan bebas ongkos kirim dengan minimal pembelian 100.000 saja. Pilihan pembayaran beragam, mulai dari Cash on Delivery (COD), via transfer Bank Mandiri, BRI, BNI, BCA maupun menggunakan Dana atau LinkAja!

 

Melalui aplikasi “Warung Pangan”, para Pemilik Usaha Warung dapat juga memanfaatkan beberapa fitur menarik seperti WP Asik, WP Fund, WP Bayar Nanti yang dapat digunakan untuk mengembangkan usaha warungnya.

 

Mendapat dukungan penuh dari Pemerintah melalui Kementerian Koperasi & UKM, Kementerian BUMN, serta dengan bergabungnya BGR Logistics dalam Holding BUMN Klaster Pangan bersama PT RNI (Persero), PT Perikanan Indonesia (Persero), PT Perikanan Nusantara (Persero), PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero), PT Garam (Persero), PT Pertanian Indonesia (Persero), PT Berdikari (Persero) dan PT Sang Hyang Seri (Persero), aplikasi “Warung Pangan” dapat memberikan stok kebutuhan bahan pangan dengan harga stabil dan relatif lebih terjangkau bagi masyarakat. Selain menggandeng BUMN Klaster Pangan sebagai supplier bahan pangan, BGR Logistics juga mengajak pihak swasta dan Koperasi-Koperasi untuk memenuhi bahan pokok di warung.

 

Dengan demikian, para UMKM atau pemilik usaha warung akan tergerak bergabung menjadi mitra “Warung Pangan”, dan ikut mensukseskan program yang telah dicanangkan Pemerintah demi terwujudnya UMKM go digital dan ketahanan pangan di Indonesia, tutup Kuncoro.

 

Corporate Communication BGR Logistics

Tentang BGR Logistics

 

BGR Logistics merupakan BUMN penyedia jasa logistik di Indonesia yang memiliki layanan jasa logistik terintegrasi, mulai dari lntegrated Logistics Solution, Supply Chain Management Provider, Waste Integrated Solution serta Diversification Solution. Sebagai BUMN yang berdiri sejak 11 April 1977, BGR Logistics juga telah bertransformasi menjadi perusahaan logistik digital sesuai  dengan tagline perusahaan “Beyond Digital Logistics Company” dimana BGR Logistics memberikan solusi sistem logistik berbasiskan IT kepada para pelanggan. Untuk informasi lebih lanjut kunjungi https://www.bgrlogistics.id/.